About

Rabu, 27 Februari 2013

Rujak Es Krim

Rujak Es Krim Khas Gumawang


MAKAN es krim yang dipadukan dengan rujak, bagaimana ya rasanya? Mungkin terdengar aneh, tapi siap-siap ketagihan bila sudah merasakannya.

Rujak Es Krim Gumawang BK. X milik H.Kodir memang memadukan antara rujak serut dengan es krim. Bila Anda memesannya, maka rujak dihidangkan bersama toppinges krim dengan empat varian rasa.

Rujaknya sendiri terdiri dari serutan buah bengkoang, ketimun, kedondong, mangga, dan ubi merah segar yang diberi olahan bumbu kacang. Sementara, es krimnya terdiri dari empat varian rasa, yaitu alpukat, coklat, kelapa, dan durian.

Menurut H.Kodir, rujak es krim sebenarnya adalah es puter. Namun, karena teksturnya yang lembut sehingga dinamakan es krim. Pembuatannya pun menggunakan santan dan susu, dengan rasa buah-buahan berasal dari buah asli, bukan pasta rasa buah.

Sensasi rujak dengan rasa asam yang tidak terlalu pekat, manis, dan segar dengan dingin lembutnya es krim menjadikan Rujak Es Krim Djogja ini sering diserbu pada jam makan siang. "Rasanya seru, ada pedas, asam, manis, dan segar, rasanya nyambung dan enak," kata Mamat, pemilik Rujak Es Krim Djogja.

Rujak es krim ini telah dikenal hingga wilayah Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan, pakar kuliner Bondan Winarno telah mengakui kesegaran dan lezatnya Rujak Es Krim Gumawang

"Pak Ari dari Kelanarasa dan Pak Bondan Winarno beberapa kali mengajak saya untuk mengikuti festival kuliner di Kalimantan dan Sulawesi. Di Balikpapan dua kali, Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar dua kali," lanjutnya.

Bila ingin mencoba rujak es krim, Anda bisa langsung mendatangi gerobak Rujak Es Krim Gumawang milik H. Kodir  di Jalan NusaIndah  (Samping Pintu Masuk Taman Singa Apur), Gumawang BK.X, Sumatera Selatan. Harga per porsinya Rp6.000. Gerobak ini biasa mangkal dari pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. (ftr)

0 komentar:

Posting Komentar